Banyak
penyebab karburator banjir dan diantaranya adalah karena tidak rapatnya jarum
pelampung yang menutup aliran bahan bakar ke karburator. Karena jarum pelampung
ini tidak rapat mnutup bahan bakar yang mengalir ke karburator, maka bahan
bakar ini akan terus mengalir dan terbuang melalui saluran pembuangan. Dan jika
saluran pembuangan ini tertutup maka aliran bahan bakar ini akan mengalir ke
uang bakar. Jika sampai hal ini terjadi maka bisa dipastikan mesin akan susah
hidup.
Gambar di atas adalah cara kerja pelampung, jika bahan bakar di ruang
pelampung kosong maka jarum akan membuka dan bahan bakar akan turun. Sedangkan
jika bahan bakar di ruang pelampung penuh maka pelampung akan naik dan jarum
pelampung akan menutup aliran bahan bakar.
Penyebab
dari tidak rapatnya jarun pelampung ini menutup bisa disebabkan terganjalnya
jarum pelampung oleh pasir atau kotoran yang yang ada pada tangki bahan
bakar. Dan penyebab lain adalah karena spuyer sudah luka atau tergores
sehingga meskipun jarum pelampung sudah menutup tapi masih ada celah untuk
bahan bakar tetap mengalir.
Cara
Mengatasi Karburator Banjir
Cara
menghentikan banjir karburator jika penyebab tersebut diatas adalah sbb:
Jika
Jarum pelampung terganjal oleh kotoran, cara mengatasi sangat mudah. Setelah
anda lepas komponen silahkan tiup dengan kompresor tiap-tiap lubang yang ada
pada karburator tersebut. Jika spuyer yang tergeres atau luka, jika spuyer pada
jarum pelampung ini tergores cara mudah adalah dengan menggantui dengan kitnya.
Tapi tidak demikian yang Bengkel Bangun ajarkan, Silahkan ikuti cara Bengkel
Bangun untuk mengatasi akibat dari Karburator yang banjir karena spuyer
tergores.
Skur
Spuyer Karburator
Bahan
/ Alat
1.
Cotton bud
2.
Metal Polish
3.
Bensin
Cara
Kerja
1.
Bongkar komponen karburator
2.
Olesi cotton bud dengan sedikit metal polish
3.
Skur spuyer dengan cotton bud
4.
Lakukan sampai tidak ada kebocoran lagi dan sesekali basahi dengan bensin
Cara
tessebut diatas dijamin akan memuaskan jika anda telaten dalam menskurnya.
Mengapa dengan metal polish.?? Karean tingkat kekasaran metal polish pas dengan
keadaan dari spuyer karburator tersebut.
Berbeda
jika menggunakan skur untuk skur klep yang tingkat kekasarannya terlalu kasar.
Jadi tidak cocok dan bahkan akan merusak spuyer dari karburator tersebut.
No comments:
Post a Comment