Breaking News

Pages - Menu

Wednesday, November 26, 2014

Penyebab Karburator Banjir

 Banyak penyebab karburator banjir dan diantaranya adalah karena tidak rapatnya jarum pelampung yang menutup aliran bahan bakar ke karburator. Karena jarum pelampung ini tidak rapat mnutup bahan bakar yang mengalir ke karburator, maka bahan bakar ini akan terus mengalir dan terbuang melalui saluran pembuangan. Dan jika saluran pembuangan ini tertutup maka aliran bahan bakar ini akan mengalir ke uang bakar. Jika sampai hal ini terjadi maka bisa dipastikan mesin akan susah hidup.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdyqf6b9NdwgS-89MnriRrAk3tB8ZgE7LvWpIj7m-WODJMf5ZE2cV-INZ2IpZxaTsXVPvPK_7lq3uhdY9fL_j8Y5bhmZgTFXjbk1QeJQKT_mraf5zwc09WhIQOuV1MFPRjvKFGCh7MNp5X/s320/pelampung.jpg
Gambar di atas adalah cara kerja pelampung, jika bahan bakar di ruang pelampung kosong maka jarum akan membuka dan bahan bakar akan turun. Sedangkan jika bahan bakar di ruang pelampung penuh maka pelampung akan naik dan jarum pelampung akan menutup aliran bahan bakar.

Penyebab dari tidak rapatnya jarun pelampung ini menutup bisa disebabkan terganjalnya jarum pelampung oleh pasir atau kotoran yang yang ada pada tangki bahan bakar. Dan penyebab lain adalah karena spuyer sudah luka atau tergores sehingga meskipun jarum pelampung sudah menutup tapi masih ada celah untuk bahan bakar tetap mengalir.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara menghentikan banjir karburator jika penyebab tersebut diatas adalah sbb: 
Jika Jarum pelampung terganjal oleh kotoran, cara mengatasi sangat mudah. Setelah anda lepas komponen silahkan tiup dengan kompresor tiap-tiap lubang yang ada pada karburator tersebut. Jika spuyer yang tergeres atau luka, jika spuyer pada jarum pelampung ini tergores cara mudah adalah dengan menggantui dengan kitnya. Tapi tidak demikian yang Bengkel Bangun ajarkan, Silahkan ikuti cara Bengkel Bangun untuk mengatasi akibat dari Karburator yang banjir karena spuyer tergores.

Skur Spuyer Karburator

Bahan / Alat

1. Cotton bud 
2. Metal Polish 
3. Bensin

Cara Kerja

1. Bongkar komponen karburator 
2. Olesi cotton bud dengan sedikit metal polish 
3. Skur spuyer dengan cotton bud 
4. Lakukan sampai tidak ada kebocoran lagi dan sesekali basahi dengan bensin

Cara tessebut diatas dijamin akan memuaskan jika anda telaten dalam menskurnya. Mengapa dengan metal polish.?? Karean tingkat kekasaran metal polish pas dengan keadaan dari spuyer karburator tersebut. 

Berbeda jika menggunakan skur untuk skur klep yang tingkat kekasarannya terlalu kasar. Jadi tidak cocok dan bahkan akan merusak spuyer dari karburator tersebut.


No comments:

Post a Comment